Apa Itu Pneumatik?



    Apa itu pneumatik? Pertanyaan seperti itu tentu pernah terlintas di kepala kalian ketika belajar mengenai hal-hal yang berkaitan dengan otomasi. Mari kita bahas apa itu pneumatik. Secara bahasa Pneumatik berasal dari bahasa yunani "πνῶ" (baca:pneu) yang memiliki arti "nafas" dan kata matic yang memiliki arti "cara beroperasi" (misal automatic berarti bisa beroperasi sendiri). 

Berarti pneumatik suatu sistem yang bisa dioperasikan dengan nafas dong?


Tentu saja tidak Ferguso.

       Jadi kalau bukan begitu terus bagaimana? Jadi berdasarkan pemaparan di atas Pneumatik adalah suatu sistem yang dioperasikan oleh udara yang dimampatkan (udara bertekanan). Bagaimana bisa udara memiliki tekanan? Tentu saja bisa menurut Hukum Boyle "Tekanan absolut yang diberikan oleh massa tertentu dari gas ideal berbanding terbalik dengan volume yang ditempati jika suhu dan jumlah gas tetap tidak berubah dalam suatu sistem tertutup". Maksud dari hukum Boyle tersebut adalah tekanan suatu gas ideal pada ruang tertutup akan semakin besar apabila volume yang menampung gas tersebut semakin kecil selama suhu dan jumlah gasnya tetap. Untuk lebih jelasnya coba perhatikan gambar berikut.

 

    Dapat dilihat ilustrasi pada gambar di atas, Ketika volume tempat penampung suatu gas ideal semakin kecil maka tekanan yang dihasilkan oleh gas ideal tersebut akan menjadi  semakin besar.

    Pada Pneumatik hal serupa juga berlaku untuk sumber udara bertekanan. Sumber udara bertekanan pada sistem Pneumatik sering kali bersumber dari sebuah kompressor. Pada kompressor sendiri untuk menghasilkan udara yang bertekanan adalah dengan cara menghisap udara lalu dikumpulkan ke dalam tangki yang ada di dalam kompressor. Semakin banyak udara yang dikumpulkan ke dalam tangki maka akan semakin besar pula tekanan yang dihasilkan oleh kompressor. Udara bertekanan yang dihasilkan oleh kompressor belum bisa untuk digunakan secara lansung ke dalam sistem pneumatik.

Mengapa tidak bisa digunakan secara lansung?
 

     Karena udara yang dihasilkan oleh kompresor bisa dibilang belum bersih. Hal ini dikarenakan udara bertekanan yang dihisap oleh kompresor masih mengandung debu, kotoran, dan uap air sedangkan untuk mengoperasikan sistem pneumatik kita memerlukan udara bertekanan yang bersih dan juga kering. Untuk mendapatkan udara bertekanan yang bersih dan kering maka udara bertekanan perlu disaring terlebih dahulu.

Disaring dengan menggunakan komponen apa?
 

    Mau tau disaring menggunakan apa? Kita bahas di tulisan selanjutnya




 

Posting Komentar

4 Komentar